Pulau Panambungan di Pangkep yang Indah


Setelah kesibukan kampus yang tiap hari menghampiri, kali ini saya akan melepaskan penat sejenak dengan meninggalkan kota makassar yang penuh hingar bingar kehidupan. Pulau Panambungan merupakan salah satu pulau yang terletak di Kabupaten Pangkajene Kepuluan (Pangkep).

Pulau Panambungan memiliki luas kurang lebih 1000 meter persegi, pulau ini merupakan pulau tak berpenghuni namun pulau ini tetap terjaga kebersihannya oleh seorang penjaga pulau tersebut. di Pulau tersebut memiliki pohon yang sangat rimbun termasuk diantaranya pohon pinus dimana bagi beberapa orang mungkin tidak masuk akal jika ada pohon pinus diatas sebuah pulau kecil yang tak berpenghuni.

Sekitar Sabtu sore saat itu saya berangkat dari pelabuhan Paotere Makassar dengan sebuah kapal kecil yang masyarakat Makassar biasa sebut Kapal Katinting, kapal ini bisa memuat kami yang kira-kira berjumlah 30-an orang, dengan tentunya saya memesan kapal tersebut sehari sebelum berangkat dengan bayaran perorangnya 50 ribu rupiah.
Pengalaman berada diatas kapal katinting.

Perjalanan dari Makassar ke Pulau Panambungan sekitar satu jam, setelah selama satu jam berada diatas kapal maka akan terlihat dari kejauhan pulau dengan penuh pohon yang rimbun.

Setelah sampai di dermaga pulau tersebut, akan datang penjaga dari pulau tersebut yang akan menghitung kami semua untuk pembayaran masuk pulau. setelah negosiasi yang cukup panjang kami tetap akan membayar 50 ribu rupiah untuk bisa berada di pulau tersebut.

Namun walaupun untuk masuk ke pulau tersebut haruslah membayar tapi bayaran tersebut menurutku cukup sebanding dengan keindahan pulau yang sangat eksotis ini. Pohon-pohon yang ada di pulau tersebut sangatlah alami yang membuat pulau ini sangatlah indah.

Saya bersama teman-teman menginap selama sehari di pulau tersebut dengan mendirikan tenda untuk tempat tidur dan pada keesokan harinya kami dijemput oleh kapal yang sebelumnya membawa kami dan kami tiba di Makassar pada siang hari. sungguh pengalaman yang sangat menyenangkan

Nah bagi teman-teman yang ingin ke pulau tersebut cukup membawa uang 100 ribu rupiah untuk kapal dan masuk pulau dan jangan lupa membawa Air Galon dan makanan untuk bisa hidup :D, sekian semoga bermanfaat.

Light Painting di Pulau Panambungan

Mandi-Mandi
Bergelantungan dengan hammock





Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "Pulau Panambungan di Pangkep yang Indah "

  1. itu sewa kapalnya 50rb PP ka min ?
    tolong direspon mau kesana ni sm teman2 untuk malam tahun baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sewa kapalnya 50 PP dan ada biaya masuk pulau juga 50 rb / orng krna memang pulaunya terawat dengan baik makanya ada biaya masuk

      Delete
  2. Bisa sambil mancing2 nggak yah...!!!

    ReplyDelete