Kerja Praktik Seorang Mahasiswa Teknik Elektro

Ini berawal ketika akhir semester 5 lalu, kala itu saya memutuskan untuk mengisi libur yang sangat singkat dengan Kerja Praktek, ya itu adalah salah satu mata kuliah wajib yang harus saya jalani di Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin. Kerja Praktek yang biasa saya singkat dengan KP. pada saat itu saya memutuskan KP di salah satu perusahaan BUMN Telekomunikasi terbesar di Indonesia, apalagi kalau bukan PT. Telkom Indonesia. Sebulan saya disana banyak hal yang dapat saya temui di perusahaan dan tidak saya temui di bangku-bangku perkuliahan.
Dimulai ketika hari pertama masuk KP kala itu saya disuruh datang jam 8 pagi, dan sesampai di kantor telkom saya disuruh menunggu untuk penempatan kerja saya nantinya, dan ternyata bukan hanya saya dan teman-teman dari jurusan elektro yang menunggu, mungkin ada sekitaran 20-an orang yg menunggu untuk penempatan dan satu per satu mulai dipanggil lalu dibawa ke ruang kerjanya dan kami khusus untuk mahasiswa teknik elektro ditempatkan di lantai 3 ruangan Radio & PCM dan disana saat mulai masuk ruangan saya mulai diperlihatkan berbagai peralatan-peralatan transmisi radio yang tidak pernah saya lihat sebelumnya. Perangkat-perangkat transmisi radio yang besar kira-kira gambarnya seperti ini.
Saat saya disana saya mulai tau sedikit demi sedikit perangkat itu dan ternyata sudah banyak perangkat baru yang dipasang menggantikan perangkat lama yang sudah tidak digunakan seperti perangkat flexi yang dimana perangkatnya dilelang dengan harga yang sangat murah padahal kata karyawan telkom yang membimbing saya selama KP yaitu pada awal pembelian perangkat flexi harganya sampai miliaran rupiah tiap perangkatnya namun saat ini harus dijual murah, ini dikarenakan penggunaan frekuensi flexi yang harus digantikan dengan frekuensi jaringan 4G, ya bisa dikata flexi merupakan korban regulasi frekuensi padahal pada masa keemasannya flexi bisa dikata provider paling murah dan memberikan keamanan data yang paling kuat.
Namun pada awalnya ada hal yang membuat saya agak kecewa selama saya KP di PT. Telkom Makassar, tiga minggu saya ber-KP ria di kantor bisa dibilang sangat sedikit pengalaman yang saya dapatkan, tiap hari saya hanya ditugaskan untuk mengisi lembar kontrol jaringan transmisi radio yang ada di makassar, katanya sih memang lagi kurang pekerjaan, mungkin ini disebabkan saya masuk KP pada awal tahun dimana yang saya ketahui di Indonesia memang proyek-proyek pekerjaan akan lebih banyak dikerjakan pada bulan enam keatas, Tetapi ada yang berbeda ketika saya mulai memasuki minggu-minggu terakhir di tempat saya Praktik Kerja yaitu saya ditugaskan ke lapangan untuk melihat hasil pekerjaan upgrade perangkat jaringan 4g di tiap BTS yang telah kerja sama dengan telkom, minggu terakhir itulah saya manfaatkan untuk bertanya sebanyak mungkin agar saya bisa dapatkan ilmu yang lebih banyak.
Nah mungkin seperti itulah saya melaksanakan Kerja Praktik untuk seorang Teknik Elektro dan di tulisan ini masih banyak kekurangan yang belum sepenuhnya bisa menggambarkan bagaimana saya praktik kerja selama sebulan jadi ya mohon dimaafkan yaa hehe, tapi bagi teman-teman yang mau bertanya untuk Kerja Praktek ini kalian bisa berkomentar dibawah tulisan ini, terima kasih ^_^

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kerja Praktik Seorang Mahasiswa Teknik Elektro"

Post a Comment