7 Fungsi Kabel USB OTG yang Dapat Kalian Gunakan

Kita semua tahu bahwa kita dapat menghubungkan sebuah flashdisk  dan smartphone android menggunakan kabel USB OTG (Universal Serial Bus On The Go) yang dapat mengakses data yang ada di flashdisk itu, namun pada pembahasan kali ini kita akan menggali lebih dalam apa saja yang dapat dilakukan dengan sebuah kabel USB OTG.

 Sebelum menggunakan fitur dari kabel USB OTG inipastikan smartphone android kalian mendukung fitur OTG atau On The Go ini, untuk mengetahuinya kalian bisa mengecek spesifikasi dari smartphone android yang tersedia di google yang kalian gunakan ataupun kalian bisa gunakan aplikasi USB OTG Checker yang tersedia di Play Store.

 Dan berikut 7 Fungsi Kabel USB OTG yang dapat kalian gunakan. 


1. Mouse

Pertama yaitu Mouse, kalian mungkin tidak percaya bahwa ternyata kita dapat menggunakan sebuah mouse di smartphone android, hanya perlu menyambungkan sebuah Mouse dengan kabel OTG (On The Go) maka di smarthpone kalian akan muncul sebuah kursor yang dapat kalian gunakan untuk apa saja termasuk bermain game sehingga memudahkan kalian untuk untuk bermain game tanpa perlu menyentuh layar smartphone android kalian. 


2. Keyboard

Yang Kedua yaitu sebuah keyboard external, Kalian bisa menggunakan keyboard external di smartphone android kalian menggunakan kabel USB OTG dan fitur ini sangat bermanfaat jika kalian gunakan saat mengetikkan teks yang panjang dari smartphone android sehingga kalian tidak perlu takut lagi mengalami Typo dalam penulisan teks. 


3. USB LED Light

Selain mouse dan keyboard Kalian juga bisa gunakan USB LED Light di smartphone android kalian,  USB LED light ini berfungsi bagi kalian yang membutuhkan penerangan dari smartphone baik itu sebagai senter, lighting kamera untuk berselfie dan lain sebagainya. 


4. Microphone USB

Kalian juga bisa gunakan Microphone di smartphone android kalian dan dapat merekam suara kalian dari smartphone android, hanya dengan sebuah Kabel USB OTG Microphone yang anda gunakan akan berfungsi dan dapat merekam suara melalu smartphone. fitur ini sangat bermaanfaat bagi kalian yang menggunakan microphone condenser dalam bentuk USB. 


5. Harddisk

Selain fungsi dari kabel USB OTG untuk mengakses data pada Flashdisk kalian juga bisa mengakses data kalian yang berada di harddisk hanya dengan kabel USB OTG, hanya perlu menyambungkan kabel USB OTG dengan sebuah harddisk maka anda pun bisa mengakses data pada Harddisk dari sebuah smartphone android. 

6. USB Sound Card

Anda bisa pasang ini sound card USB ke OTG dan mendengarkan musik Jadi dengan satu kabel USB OTG Android bisa melakukan banyak hal sehingga ketika port untuk headset pada smartphone android kalian bermasalah anda bisa gunakan solusi ini 

7. Charge smarphone lain

Yang terakhir mungkin anda belum pernah melihatnya tapi dengan Kabel OTG ini kalian bisa gunakan kabel USB OTG ini untuk mengisi Baterai Smarthphone teman anda yang sedang lowbat, dan hanya menghubungkan kabel USB OTG ke ponsel Anda dan kemudian sambungkan kabel USB ke smartphone android lain maka smartphone tersebut terisi dengan sukses. Nah Itu tadi 7 Fungsi Kabel USB OTG yang dapat kalian gunakan, Jika Kalian punya pertanyaan mengenai tutorial silahkan komen dibawah kolom komentar ini, Jika Kalian merasa video ini bermaanfaat Like dan Share tulisan ini ke teman anda, dan Stay Tuned! 
   


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "7 Fungsi Kabel USB OTG yang Dapat Kalian Gunakan"

Post a Comment